Selasa, 07 Oktober 2014

#Pinternet : Istilah - Istilah dalam Internet

Agar lebih mudah pada saat menggunakan internet, ada baiknya jika kita mengetahui istilah - istilah yang terdapat pada internet. 


1. WWW (World Wide Web)




WWW atau singkatan dari World Wide Web atau biasa juga disebut web merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari dunia internet. Melalui web, setiap pemakai internet bisa mengakses informasi - informasi di situs web yang tidak hanya berupa teks, tetapi juga gambar, suara, film, dan animasi. WWW adalah layanan yang sangat banyak dimanfaatkan dalam internet, terdiri dari kumpulan dokumen elektronik dari seluruh negara dan terhubung dengan satu jaringan melalui internet. 
Setiap dokumen elektronik dalam Web disebut halaman Web (Web page), dapat menyimpan teks, gambar, audio, dan video. Selain itu, halaman - halaman Web biasanya tersambung ke dokumen - dokumen lainnya. Dokumen - dokumen informasi ini disimpan atau dibuat dengan format HTML (Hypertext Markup Language). Dokumen tersebut mengandung referensi dan link (hubungan) ke bagian lain dokumen itu (internal link) atau ke dokumen lain yang terdapat di internet (external link). Misal kita membuka sebuah dokumen dari sebuah situs web di Jakarta, Indonesia. 
Dalam dokumen itu ada teks yang mengandung link (biasanya ditandai dengan warna biru atau garis bawah) ke sebuah file lain di Melbourne, Australia. Dengan sekali klik mouse pada link tersebut, file akan diambil dan ditampilkan di komputer kita. Itulah keunggulan konsep referensi dan link antara dokumen - dokumen dalam internet yang mendasari keseluruhan teknologi world wide web. Konsep ini dikenal dengan nama hypertext.
Situs Web (Web Site) adalah kumpulan dari halaman Web yang saling berhubungan dengan hal - hal lainnya yang terkait seperti dokumen atau gambar, yang disimpan dalam suatu server Web. Server Web adalah komputer yang melayani permintaan halaman - halaman Web dan mengirimkannya ke komputer Anda.


2. E-mail



E-mail adalah kependekan dari electronic mail yang berarti surat elektronik. E-mail adalah penyampaian pesan dan file melalui suatu jaringan komputer. Saat ini e-mail merupakan metode komunkasi utama untuk penggunaan perorangan maupun bisnis.
Email digunakan untuk membuat, mengirim, menerima, meneruskan, menyimpan, mencetak dan menghapus e-mail. Outlook dan Outlook Ekspress adalah dua program e-mail yang paling populer. Pesan di dalam email dapat berupa teks sederhana atau juga mencakup suatu lampiran (attachment) seperti dokumen, gambar, klip audio, atau klip video.
Penyedia akses internet biasanya memberikan program e-mail sebagai standar dari layanan akses internet. Untuk menggunakan program e-mail berbasis web, Anda perlu terhubung ke situs web tersebut dan membuat akun (account), yang biasanya membutuhkan alamat e-mail dan sebuah kata sandi.
Alamat e-mail adalah gabungan dari sebuah nama pengguna dan nama domain, yang mengidentifikasikan seorang pengguna sehingga ia dapat menerima e-mail. Dalam suatu alamat e-mail, simbol @ (dibaca at) memisahkan nama pengguna dengan nama domainnya.
Ketika mengirimkan e-mail, suatu server pengiriman e-mail yang dioperasikan oleh penyedia akses Internet akan menentukan cara menyampaikan pesan tersebut melalui Internet dan kemudian mengirimkan pesannya. Ketika menerima e-mail, suatu server penerimaan e-mail akan menyimpan pesan dalam kotak surat sampai kita menyalakan program e-mail dan menggunakannya untuk membaca pesan-pesan tersebut. Program e-mail memiliki fitur pemberitahuan jika terdapat e-mail baru yang masuk, baik melalui suara atau pesan.
Beberapa domain e-mail yang dapat digunakan adalah yahoo.com, ymail.com, gmail.com, hotmail.com dan masih banyak domain lainnya.


3. Search Engine


Search engine adalah sebuah fasilitas pada website untuk mencari data yang tidak diketahui lokasinya, atau mencari data yang sangat spesifik. Data yang kita cari dapat berupa data apa saja, dan dalam bahasa apa saja tanpa harus mengetahui posisi dimana data tersebut berada. Fasilitas search engine terdapat pada setiap situs di Internet. Pada fasilitas search engine ada kolom kosong untuk menulis data yang ingin kita cari, kemudian terdapat tombol Search untuk melakukan pencarian. Kebanyakan search engine mengurutkan hasil pencarian berdasarkan seberapa dekat kata - kata dalam teks pencarian satu dengan yang lainnya pada judul halaman web dan penjelasannya. Oleh karena itu beberapa link yang paling atas biasanya mengandung informasi yang paling relevan. 
Teknik - teknik berikut dapat digunakan untuk mempertajam hasil pencarian di Web.
  • Gunakan kata benda yang spesifik dan masukkan istilah - istilah yang paling penting terlebih dahulu di dalam teks pencarian
  • Gunakan tanda bintang (*) untuk menggantikan karakter - karakter dalam kata. Sebagai contoh, car* akan menghasilkan cari, cara, carut, dan berbagai variasi lainnya.
  • Gunakan tanda kutip (") untuk membuat frase sehingga search engine dapat memperoleh urutan kata - kata yang persis sama.
  • Daftarkan semua kemungkinan pengejaan, contoh, email dan e-mail.
Beberapa situs yang mnyediakan search engine yaitu www.yahoo.com, www.google.com, dan www.altavista.com


4. Browser




Browser adalah peranti lunak aplikasi yang dapat digunakan untuk mengakses dan melihat halaman - halaman web. Browser juga berfungsi untuk menampilkan dan berinteraksi dengan dokumen - dokumen yang disediakan oleh server web. Contoh browser yang paling banyak digunakan pada PC adalah Internet Explorer, Netscape, Mozilla Firefox, Opera dan Safari.


5. Chatting

Chatting adalah salah satu fasilitas yang ditawarkan oleh internet pada penggunanya untuk berkomunikasi langsung lewat percakapan. Cara chatting yang lebih umum dikenal adalah dengan cara mengetikkan pesan pada layar dan akan dibalas dengan bentuk pesan kembali, seperti cara mengirimkan SMS. Namun chatting di internet tidak terbatas pada jumlah karakter sehingga pengguna dapat menulis pesan cukup panjang. 
Dengan perkembangan program atau software yang ditawarkan saat ini, pengguna internet sudah dapat chatting dengan berbicara dan mengirimkan gambar kepada teman chatting di tempat lain. Misalnya aplikasi Yahoo Messanger yang memberikan fasilitas chatting untuk saling bertatap muka melalui Web Camera. 
Ada beberapa software yang mendukung untuk melakukan chatting, seperti mIRC, Yahoo Messanger, Skype, ICQ, atau situs lainnya yang menawarkan chatting. 


6. Netiquette



Netiquette adalah kependekan dari Internet Etiquette yang berarti etika di internet. Netiquette adalah kode perilaku yang dapat diterima yang harus diikuti oleh para pengguna Internet atau berarti perilaku yang diharapkan dari semua pengguna internet. Netiquette mencakup aturan - aturan untuk setiap aspek penggunaan internet, termasuk web, email, FTP, forum, dan ruang chatting.
Aturan utama dari Netiquette adalah perlakukan orang lain sama seperti kita ingin diperlakukan oleh mereka.
Beberapa aturan dalam Netiquette adalah sebagai berikut :
  1. Buatlah pesan - pesan yang singkat dan padat. Gunakan tata bahasa, ejaan, dan tanda baca yang benar,
  2. Berhati - hati saat menggunakan sarkasme dan humor, karena hal tersebut dapat menimbulkan kesalahpahaman.
  3. Hindari penggunaan bahasa yang kasar
  4. Jangan mengirimkan flame, yaitu pesan yang menyalahgunakan kepentingan dan berkesan menghina
  5. Jangan mengirimkan spam, yaitu surat sampah versi internet, Spam adalah e-mail yang tidak dikehendaki yang dikirim ke orang atau kelompok pada saat yang bersamaan.
  6. Jangan menggunakan huruf kapital untuk seluruh isi pesan, karena akan dianggap sedang BERTERIAK atau MARAH
  7. Jelaskan jika anda mengirimkan spoiler, yaitu hal yang mengungkapkan solusi sebuah permainan atau akhir dari suatu film.
  8. Baca bagian FAQ, sehingga kita tidak perlu menanyakan hal - hal yang sering ditanyakan
  9. Jangan pernah membaca e-mail pribadi orang lain
  10. Hormati hak cipta. Selalu hargai hasil karya orang lain dan taati peraturan hak cipta yang berlaku.

7. Komunitas - Komunitas Online



Manusia tidak akan lepas dari proses sosialisasi. Manusia akan selalu memerlukan orang lain. Karena itu kebutuhan manusia akan sosialisasi memang sangat penting. Dengan internet yang terus menyebar, hal ini ikut mempengaruhi cara manusia bersosialisasi. Kini banyak terbentuk organisasi - organisasi sosial yang memungkinkan manusia bersosialisasi tanpa harus bertemu secara fisik. 
Komunitas online / virtual merupakan komunitas yang disatukan oleh kesamaan pekerjaan, hobi, atau faktor penyatu lainnya. Dimana media integrasi dan komunikasinya menggunakan internet. Biasanya cakupan komunitas online ini lebih luas dan global hingga ke seluruh dunia.
Komunitas online bisa menjadi komunitas primer atau sekunder. Maksud komunitas sekunder adalah telah ada komunitas solid yang ada di dunia nyata dan komunitas online tersebut hanya digunakan untuk pelengkap saja. 
Dengan berkembangnya era komersialisasi, muncul berbagai macam komunitas online yang sarat akan pesan - pesan promosi. Hampir dapat dipastikan ada yang menawarkan produk atau bisnis tertentu dalam setiap komunitas online.
Ada banyak media yang bisa dipakai untuk membentuk komunitas online, seperti chat room, forum, video, suara dan sebagainya.
Semua pengunjung yang ingin bergabung dengan komunitas online ini dapat mengirimkan pesan mereka asalkan sudah bergabung (subscribe). Ada tiga jenis pengunjung dari komunitas online, yaitu
1. Pengunjung yang bertanya atau meminta saran
2. Pengunjung yang siap menjawab atau memberi saran
3. Pemgunjung yang hanya mengamat - amati dan membaca semua percakapan tulisan tanpa ikut berinteraksi

Beberapa contoh komunitas online adalah :
- Kaskus
- Indowebster
- Indobackpacker





Sumber Referensi :


Cashman, Shelly. Discovering Computers. Menjelajah Dunia Komputer edisi 3. Penerbit Salemba : Jakarta

Brilianto, Ricky. 2003. Panduan Praktis Internet Plus, Puspa Swara : Jakarta

Sunarto. 2005. Teknologi Informasi dan Komunikasi SMA Kelas XII. Grasindo. Jakarta

Julius, Bob. 2004. Cyber Public Relations. PT Elex Media Computindo : Jakarta

Jasmadi. 2008. Membangun Komunitas Online secara Praktis dan Gratis. E-Media Solusindo : Semarang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar